MENCIPTAKAN SUHU IDEAL DALAM KANDANG AYAM BROILER



Suhu udara kandang ayam pedaging sangat berpengaruh terhadap kondisi fisiologis ayam selama dipelihara. Suhu yang diperlukan untuk kehidupan ayam yang normal adalah 33o C pada saat DOC dan semakin lama semakin menurun sampai rata-rata 26oC. Suhu yang terlalu tinggi menyebabkan ayam berusaha melepaskan panas tubuhnya dengan melakukan panting (nafas cepat melalui mulut) dan mengurangi konsumsi pakan. Jika hal itu berlangsung dalam waktu lama, ayam akan stress dengan gejala khas nafsu makan menurun. Hal ini tentu sangat mengganggu target konsumsi pakan (feed intake) dan pertumbuhan ayam. 
Suhu udara kandang ayam broiler yang terlalu rendah juga akan mengganggu produktivitas karena akan lebih banyak nutrisi yang dikonversikan menjadi panas tubuh yang bisa mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan konversi pakan meningkat.
Untuk mencapai suhu udara kandang ayam broiler yang ideal tersebut, perlu penanganan berupa pemakaian brooder dan alat pemanas yang tepat dan efisien serta pengaturan penutup kandang yang tepat dan ventilasi yang baik.
Faktor yang mempengaruhi suhu udara kandang ayam broiler adalah tingkat radiasi sinar matahari, orientasi letak kandang terhadap sinar matahari, kepadatan ayam  dan pemilihan atap kandang. 

    

Tidak ada komentar

Leave a Reply