INDUKAN GAS MEDION










INDUKAN GAS MEDION (IGM)
Pemanas atau indukan (brooder) berbahan bakar gas



 
INDUKAN GAS MEDION | Penghilang Bau Kotoran Ternak. Indukan Gas Medion (IGM) adalah pemanas atau indukan (brooder) yang berfungsi sebagai penghangat anak ayam layer maupun broiler atau ternak lainnya. Pemanas ini menggunakan bahan bakar gas LPG dalam menghasilkan energi panas berbentuk pancaran sinar infra merah.

Keunggulan IGM
  • Efisien
Pemanas gas buatan Medion ini mampu menghemat bahan bakar sebesar 40%. Regulator yang dipasang pada angka 10 hanya membutuhkan gas LPG sebanyak 235 gram/jam dan apabila dipasang pada angka 1, gas LPG yang dibutuhkan adalah 140 gram/jam. Ini menjadikan IGM pemanas kandang ayam yang irit.
  • Efektif
IGM merupakan pemanas kandang yang efektif karena dilengkapi reflektor (pemantul panas) yang berfungsi memfokuskan pancaran infra merah yang dihasilkan IGM pada daerah yang akan dipanaskan, sehingga panas yang hilang dapat diminimalkan. Dengan demikian, pemborosan pemakaian bahan bakar dapat dihindari.
  • Stabil
IGM bekerja memanaskan ruangan kandang hingga suhu yang diinginkan tercapai, kemudian menstabilkannya.
  • Aman
Merupakan pemanas kandang yang aman dipakai karena dilengkapi dengan safety device, yaitu peralatan pengaman kegagalan nyala api yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebakaran kandang. Pemanas tambahan untuk kandang ini juga tidak mengeluarkan suara berisik sehingga tidak menyebabkan anak ayam atau ternak lain stres.
  • Tahan lama
IGM dapat digunakan bertahun-tahun karena dilapisi dengan cat enamel anti karat.
  • Operasional mudah
Indukan buatan yang mudah untuk dipasang karena cukup digantungkan. Cara menyalakannya pun sangat praktis sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, suhu yang dihasilkan oleh pemanas gas anak ayam ini dapat pula diatur dengan mudah sesuai dengan kebutuhan anak ayam.
  • After sales service
Setiap pembelian IGM, peternak akan memperoleh jaminan berupa layanan service gratis* (after sales service). Layanan ini akan memberikan kemudahan bagi peternak yang ingin men-service penghangat untuk anak ayamnya ketika suatu hari terjadi gangguan/kerusakan pada alat penghangat anak ayam tersebut. Layanan ini berlaku seumur hidup, selama pelanggan masih menggunakan pemanas gas brooder ini. (* tidak termasuk biaya spare part)

Cara Pakai

Pemasangan komponen IGM
  • Pasang saringan udara pada filter holder
  • Pasang selang gas pada nepel slang dengan alat pengikat berupa klem, kemudian hubungkan ke regulator
  • Gantungkan IGM sesuai dengan petunjuk
Untuk IGM, sebaiknya gunakan regulator khusus pemanas gas dari Medion, dan jangan gunakan regulator biasa untuk kompor gas karena regulator kompor gas tidak akan kuat menstabilkan pancaran panas yang dihasilkan oleh alat penghangat DOC ini.
Regulator pemanas gas dari Medion cocok digunakan untuk IGM karena menghasilkan tekanan gas medium (medium pressure), sehingga mampu menstabilkan pancaran panas IGM.

Pemasangan pemanas gas untuk DOC di dalam kandang
  • IGM dipasang membentuk sudut 150, menghadap ke bagian kandang yang akan dipanaskan
  • IGM digantung setinggi + 100 cm dari permukaan lantai kandang
  • Pemasangan pemanas gas untuk anak ayam secara Paralel atau Seri
Untuk memasang lebih dari satu pemanas anak ayam pada satu tabung gas, gunakan tabung gas besar. Regulator yang digunakan pun harus disesuaikan dengan ukuran tabung gas. Bila semua pemanas dalam kandang dinyalakan secara bersamaan, putar regulator ke angka yang lebih besar. Usahakan letak tabung gas dengan pemanas LPG ini minimal berjarak 2 m.

Menyalakan IGM
  1. Pastikan bahwa regulator dan selang bebas dari debu
  2. Atur pemutar regulator pada angka 6 dan buka kran gas
  3. Tekan knop sehingga gas mengalir
  4. Pada saat yang sama, nyalakan api di bawah reflektor. Knop tetap ditekan selama 15-20 detik kemudian lepaskan. IGM yang telah menyala terlihat pada keramik yang membara. Bila keramik tidak membara, ulangi lagi dari langkah point c

Mematikan IGM
  1. Putar regulator kembali pada angka 1 (minimal)
  2. Tutup kran gas

Perawatan pemanas gas DOC
  • Bersihkan saringan udara dari debu secara teratur. Misalnya setelah penghangat anak ayam selesai digunakan atau setiap 2-3 hari sekali
  • Untuk membersihkan debu pada bagian luar maupun bagian dalam indukan gas, gunakan semprotan udara bertekanan rendah. Penyemprotan udara pada keramik harus dilakukan berlawanan arah dengan masuknya debu. Jangan menggunakan semprotan berkekuatan tinggi, air, atau zat kimia untuk membersihkan IGM
  • Jangan menyimpan pemanas untuk DOC ini di atas lantai. Permukaan lantai yang dingin dan lembab menyebabkan keramik menjadi dingin sehingga mudah retak jika pemanas DOC dihidupkan secara tiba-tiba. Sebaiknya IGM disimpan pada tempat yang kering dan bersih
  • Periksalah indukan gas untuk anak ayam ini dengan teratur agar tidak ada kebocoran gas, termasuk bagian selang gas, klem dan tabung gas LPG-nya
 
PERHATIAN!!
Selalu set regulator pemanas gas non-Medion pada skala 1-1,5 putaran. Bila tidak dilakukan, maka dampak yang terjadi adalah:
  • Konsumsi gas akan boros
  • IGM tidak berfungsi optimal
  • Umur pemakaian IGM lebih pendek
*) ditambah ongkos kirim

Tidak ada komentar

Leave a Reply