KOMPOSISI NUTRISI DAGING AYAM


KOMPOSISI NUTRISI DAGING AYAM | Penghilang Bau Kotoran Ternak. Daging ayam merupakan salah satu makanan sumber protein hewani yang baik, bermutu tinggi, mudah dicerna dan mengandung asam amino esensial yang sangat dibutuhkan dalam makanan manusia.

Komposisi nutrisi daging ayam adalah sebagai berikut ;

  • air               :  13,7%
  • protein        :   23,4%
  • lemak          :    1,9%
  • mineral        :     1,0%
  • vitamin         :    thiamin  0,05 mg/100 g, niasin 10,7 mg/100 g dan riboflavin 0,09mg/100 g.


Pengolahan daging ayam dengan cara pengasapan dapat dilakukan dengan berbagai tahap, yaitu penggaraman, pengeringan, pemanasan dan pengendapan partikel-partikel dari asap.

Penggaraman bertujuan untuk meningkatkan konsistensi daging. Hal ini terjadi karena terjadinya penarikan air dan penggumpalan protein daging, dalam keadaan tertentu garam menghambat pertumbuhan bakteri.

Pengeringan merupakan suatu metode untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari bahan makanan dengan cara menguapkan air dengan menggunakan panas. Air dikurangi dari dalam bahan makana agar mikroba dalam daging tidak tumbuh.

Pemanasan selama pengasapan menyebabkan penarikan air dari daging asap, sehingga terjadi penuruan aktivitas dan kadar air. Hal ini mengakibatkan gangguan proses metabolisme bakteri dan mengambat tumbuhnya bakteri patogen dan non patogen.

Pengendapan partikel asap meyebabkan terhambatnya pertumbuhan bakteri.

Pada umumnya suhu pengasapan yang sering dilakukan ada dua tipe, yaitu pengasapan panas dan dingin. Pengasapan panas menggunakan suhu sekitar 65-95 C selama beberapa jam. Sedangkan pengaspan dingin menggunakan suhu 30-40 C dalam waktu yang lebih lama dan daging yang akan diasapi minimal berjarak 2,5 meter dari sumber asap.

Tidak ada komentar

Leave a Reply