Senin, 12 November 2012

TELUR AYAM KAYA SELENIUM (Se)

Telur Ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang penting, karena kandungan gizinya yang lengkap dan mudah diperoleh. Ada suatu cara untuk meningkatkan nilai gizi telur ayam yaitu dengan membuat telur ayam kaya akan selenium (Se). Selenium sendiri adalah salah satu unsur yang penting bagi manusia, diantaranya ./ untuk meningkatkan kemampuan reproduksi, untuk meningkatkan ketahanan tubuh dari serangan virus, sebagai zat antikanker, merupakan komponen dari enzim yang berfungsi sebagai antioksidan. Oleh karena itu  produksi telur ayam kaya selenium sangat prospektif untuk dikembangkan.

Telur Ayam kaya selenium dapat dihasilkan dengan cara meningkatkan kandungan selenium pada ransum ayam petelur. Untuk di Indonesia hal itu mengalami kendala, karena ransum ayam petelur kita berbasis jagung dan kacang kedelai yang miskin kandungan seleniumnya.

Solusinya adalah dengan menambahkan selenium dalam ransum ayam petelur dan harus dalam bentuk Se organik. Jika menggunakan Se an organik (kimia) dapat menyebabkan keracunan. Rekomendasi yang diberikan dengan dosis 0,05 - 0,15 mg/kg pakan. Dengan kandungan selenium seperti itu, akan dihasilkan telur ayam dengan kandungan selenium 7,5  mikrogram. Sebuah telur ayam dikatakan mempunyai kandungan selenium yang tinggi jika kandungan seleniumnya lebih besar atau sama dengan angka tersebut. Di pasaran sudah ada berbagai produk suplemen organik selenium ini, yang diekstrak dari Saccaharomyces cerevisiae. Hasil ekstraksi tersebut akan meningkatkan kandungan selenium dalam daging dan telur ayam.

0 komentar:

Poskan Komentar