PAKAN TERNAK ; MENGENAL KLASIFIKASI PAKAN BERDASARKAN KANDUNGANNYA

Pakan ternak merupakan faktor penentu keberhasilan budidaya ternak. Oleh karena itu peternak harus mengetahui jenis-jenis pakan ternak berdasarkan kandungannya, sehingga dapat secara tepat memberikan pakan sesuai dengan jenis ternak dan tujuan budidayanya.

Jenis-jenis pakan ternak berdasarkan kandungannya adalah sebagai berikut :
  • Kelas 1. Hijauan Kering dan Jerami Kering, adalah jenis hijauan apabila mempunyai kandungan Serat Kasar lebih dari 18%, contoh adalah rumput kering, jerami padi, jerami jagung dll
    • Kelas 2. Hijauan Segar dan Jerami Segar, adalah berbagai hijauan pakan/jerami yang diberikan kepada ternak dalam keadaan segar. Contoh legume/rumput segar, jerami padi atau jerami jagung segar, ramban (daun-daunan perdu) segar dll. 
    • Kelas 3 Silase, adalah jenis hijauan pakan ternak yang telah dipotong-potong kemudian difermentasikan. Contoh silase rumput, silase ramban dll.
    • Kelas 4. Sumber Energi, adalah berbagai pakan dengan komposisi Protein Kasar kurang dari 20%, Serat Kasar kurang dari 18%, dan dinding sel kurang dari 35%. Kandungan tersebut dari bahan kering. Contoh adalah butir-butir jagung, bekatul, ramban segar dll.
    • Kelas 5. Sumber Protein, adalah berbagai bahan pakan dengan CP >20% dan SK <18%. Ada dua jenis sumber protein yaitu Protein Hewani, contoh tepung ikan, tepung kepala udang dan Protein Nabati contoh bungkil kedelai. Bahan pakan ini desebut Suplemen Protein.
    • Kelas 6. Sumber Mineral, adalah semua bahan pakan yang mengandung kadar mineral yang tinggi (baik sumber mineral makro maupun mikro) baik satu mineral maupun lebih. Bahan pakan ini disebut juga Suplemen Mineral, contoh tepung tulang, tepung batu kapur, garam dapur dll. 
    • Kelas 7. Sumber Vitamin, adalah berbagai bahan pakan yang tinggi kandungan vitaminnya bika satu jenis vitamin atau lebih yang juga disebut Suplemen Vitamin. Contoh minyak ikan (vitamin A dan D), tablet vitamin B komleks.
    • Kelas 8. Aditif Pakan, adalah berbagai bahan yang mengandung nitrien (non nutrien) yang ditambahkan. Contoh minyak ikan (vitamin A dan D), tablet vitamin B kompleks.
    Demikianlah pembagian jenis pakan dalam kelas-kelas berdasarkan kandungan nutrisinya. 
     

    Tidak ada komentar

    Leave a Reply