Manfaat Pupuk Kompos

Manfaat Pupuk Kompos | Penghilang Bau Kotoran Ternak. Pupuk Kompos adalah salah satu jenis pupuk organik yang sangat diperlukan tanaman untuk pertumbuhan, perkembangan, pembuahan dan juga untuk menjaga kesuburan tanah. Pupuk kompos merupakan hasil olahan pupuk kandang yang sudah matang. 

Manfaat Pupuk kompos sangat banyak, diantaranya adalah  :
  • Pupuk Kompos bermanfaat bagi penyuburan tanah. Kompos adalah pelengkap  pupuk buatan pabrik, seperti urea,TSP,KCL. Pupuk kompos memberikan unsur mikro untuk melengkapi unsur makro yang sudah disuplay dari pupuk kimia. Dengan demikian tanaman dan tanah akan mendapatkan kelengkapan unsur hara yang diperlukan untuk tumbuh, berkembang dan berproduksi.
  • Pupuk Kompos bermanfaat bagi penggemburan tanah. Pupuk kompos mengandung asam organik berupa asam humat yang berfungsi untuk menghancurkan bahan kimia yang tertimbuh di tanah yang berasal dari pupuk kimia. Bahan kimia tersebut tidak bisa diserap oleh tanaman karena memang bukan berupa unsur yang diperlukan tanaman.  
  • Pupuk Kompos bermanfaat bagi pengisian pot tanaman. Kompos pengisi pot tanaman sering disebut sebagai media tanam. Penggunaan kompos harus dicampur dengan tanah dan pasir dengan perbandingan setiap 3 kompos, 2 bagian pasir,dan 5 bagian tanah. 
  • Pupuk Kompos bermanfaat untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Dengan pengomposan, kita akan memanfaatkan limbah-limgah yang ada disekitar lingkungan kita.seperti limbah pekarangan, limbah dapur, limbah pertanian, limbah manusia. Kalau dibiarkan limbah-limbah itu akan menyebabkan bau busuk yang dapat mengganggu lingkungan (kesehatan). 
  • Pupuk Kompos bermanfaat untuk menambah pendapatan. Bagi petani peternak, pembuat kompos merupakan usaha sampingan disamping usaha pokok bercocok tanam atau beternak. Dahulu, kompos diperoleh melalui pengomposan secara alami, tetapi sekarang sudah banyak kompos yang diproses secara buatan dan pembuatan kompos juga merupakan usaha yang dapat menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. 
Dalam proses pembuatannya, dari pupuk kandang yang masih basah harus segera dijadikan dalam bentuk kering (matang). Untuk mempercepat pembuatan pupuk kompos, gunakan bahan-bahan yang bisa mempercepat perubahan dari pupuk kandang basah menjadi kering sehingga proses pembuatan kompos menjadi lebih efektif dan efisien. 
Demikian sekilas mengenai manfaat pupuk kompos untuk dunia pertanian Anda semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Leave a Reply