CARA MEMELIHARA AYAM JAWA SUPER (JOPER) DENGAN PENAMPILAN FISIK YANG BAGUS

CARA MEMELIHARA AYAM JAWA  SUPER (JOPER)  DENGAN PENAMPILAN FISIK YANG BAGUS | Penghilang Bau Kotoran Ternak. Cara memelihara ayam jawa super sebenarnya tidak berbeda dengan budidaya ayam pedaging karena sama-sama penggemukan. Tahap-tahap teknis budidaya mulai dari persiapan kandang, perlakuan terhadap DOC, managemen pakan dan menegemen penyakit bisa mengikuti pedoman atau standar pemeliharaan ayam pedaging.
Perbedaan antara ayam Jawa Super dengan Broiler adalah dalam kecepatan pertumbuhan dan penggemukannya. Jika ayam Broiler sudah bisa dipanen umur 30an hari dengan bobot sekitar 1,7 - 2 kg, maka ayam Jawa Super dipanen sekitar umur 50an hari dengan bobot panen 0,8 - 1 kg. 
Cara memelihara ayam jawa super juga harus mengingat bahwa penjualan hasil panennya ada dua macam, yaitu dengan penimbangan berat badan (seperti pada ayam Broiler) dan dengan penjualan per ekor yang tidak ditimbang namun dengan melihat penampilah fisiknya.
Untuk penjualan sistem ditimbang berat badan, kuncinya kita usahakan mencapai berat badan se tinggi-tingginya. Namun untuk penjualan sistem ekor, maka selain kita usahakan mencapai berat badan setinggi-tingginya juga harus bisa mendapatkan performance ayam yang bagus dan meyakinkan jika dilihat. 
Pengalaman saya dalam beternak ayam Jawa, salah satu trik untuk mendapatkan penampilan ayam jawa super yang bagus adalah dengan membentuk ayam menjadi tinggi dengan tungkai yang panjang. Secara performance ayam akan lebih bagus, gagah dan tampak lebih sehat.
Bagaimana cara untuk mendapatkan ayam dengan penampilan demikian, berikut ini adalah triknya :
  • sejak awal DOC masuk, kita menempatkan tempat pakan yang agak tinggi, sehingga ayam dalam memakan harus mendongakkan atau memanjangkan lehernya.
  • tempat pakan tersebut dari waktu ke waktu ditinggikan terus sesuai dengan pertumbuhan ayam, yang pasti ayam harus selalu memanjangkan lehernya ketika makan.
  • posisi tepat pakan ayamnya adalah sedikit dibawah kepala, yang harus diperhatikan adalah posisi pakan jangan sampai menyulitkan ayam untuk mematuk, jadi biarpun tinggi namun konsumsi pakan tetap baik sehingga tidak mengganggu Feed Intake.
  • dengan posisi terebut, ayam akan terbentuk menjadi lebih tinggi karena tungkai kaki memanjang. Hal ini secara performance ayam akan terlihat lebih elok. Dalam transaksi penjualan secara per ekor, penampilan yang lebih gagah tersebut menjadi selling point bagi peternak sehingga bisa meninggikan nilai tawar kita kepada bakul.
Selain dengan teknik secara mekanis tersebut, tentunya kebutuhan nutrisi juga tetap harus tercukupi. Akan lebih bagus lagi jika pakan ditambah dengan Suplemen Nutrisi Organik Ternak yang terbukti bisa meningkatkan kecepatan pertumbuhan dan penggemukan ayam Jawa Super, sehingga kita akan mendapatkan keuntungan yang tinggi dalam Cara memelihara Ayam Jawa Super.

4 komentar

  1. Peluang penghasilan tambahan dgn cara beternak ulat klik www.ulathongkong.com

    BalasHapus
  2. assalamu'alkm p.agus ayam joper saya umur 65 hari bobot belum maksimal di panen rata-rata hanya 0,75 ons. padahal di awal pengisian kandang baru pernah umur 62rata-rata mencapai 1.3 ons. apa masalahnya kok sekarang pertumbuhan macet drastis.trim ( m.anam di Bojonegoro)

    BalasHapus
  3. assalamu'alkm p.agus ayam joper saya umur 65 hari bobot belum maksimal di panen rata-rata hanya 0,75 ons. padahal di awal pengisian kandang baru pernah umur 62rata-rata mencapai 1.3 ons. apa masalahnya kok sekarang pertumbuhan macet drastis.trim ( m.anam di Bojonegoro)

    BalasHapus